Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MKDU4110-Keterampilan Berbahasa Indonesia

 

MKDU4110-Keterampilan Berbahasa Indonesia

Keterampilan Berbahasa Indonesia

Jelaskan pengertian keterampilan berbahasa Indonesia! 
Kemampuan dan kecakapan dan kecekatan menggunakan Bahasa yang dapat meliputi mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis (secara lisan dan tulisan).

Jelaskan keterampilan berbahasa lisan dan tulisan!
Lisan untuk menyimak dan berbicara, sedangkan Tulisan untuk menulis dan membaca.

Jelaskan pembagian keterampilan berbahasa berdasarkan sifatnya!
  • Reseptif/menerima atau memahami pesan dari penulis untuk Menyimak dan membaca
  • Produktif/menghasilkan pembicaraan atau tulisan untuk Berbicara dan Menulis
Jelaskan perbedaan berbahasa lisan dan tulisan!
  • Lisan -->Secara tatap muka/langsung tanpa media penghubung (telepon)
  • Tulis --> Tanpa tatap muka antara pembaca dan penulis

Jelaskan perbedaan mendengarkan dan menyimak!
  • Mennyimak memiliki tujuan sedangkan mendengarkan tidak
  • Menyimak = to listen, mendengarkan = to hear
  • Menyimak kegiatan berbahasa dengan tujuan memahami pesan yang disampaikan pembicara
Apa yang harus dilakukan dalam menyimak?
  • Berkonsentrasi
  • Bersikap positif
Jelaskan perbedaan menyimak interaktif dan noninteraktif!
  • Interaktif: menyimak dengan Tanya jawab antara pembicara dan penyimak lain/multi arah dan dua arah. Contoh: kegiatan di kelas, ceramah agama di majelis taklim, musyawarah. Interaktif jarak jauh, seperti telepon
  • Noninteraktif: tidak disertai Tanya jawab. Contoh: mendengarkan pidato, siaran TV/radio, ceramah tanpa Tanya jawab, mendengar nasihat.
Jelaskan pengertian membaca!
Adalah kegiatan berbahasa dalam rangka memahami pesan melalui tulisan. 

Jelaskan pengertian dan pembagian konsep ‘pemahaman’!
Menurut Bloom, pemahaman adalah proses untuk mengetahui isi sebuah komunikasi atau gagasan yang dikomunikasikan baik dalam lisan maupun tulisan. Di dalam pemahaman terdapat unsur ‘tujuan, sikap, respon’. Smith dan Solkhan membagi pemahaman dalam membaca menjadi 4 yaitu: (1) Pemahaman literal, (2) interpretative, (3) kritis, (4) kreatif.  

Jelaskan pengertian ‘berbicara’!
  • Kegiatan dalam rangka memperoleh dan menyampaikan pengetahuan dalam rangka mempraktikkan keterampilan berbahasa
  • Kegiatan menyampaikan pesan kepada orang lain (penyimak) dengan media lisan
  • Menurut Suhendar, ‘berbicara’ adalah proses perubahan wujud pikiran/perasaan menjadi wujud ujaran. 
Apa yang harus diperhatikan dalam berbicara? 
Alat ucap yang baik (bibir, lidah, langit-langit), pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan berpikir yang memadai.

Apa tahapan dalam ‘berbicara’?
  • Persiapan --> menentukan tujuan, mengumpulkan referensi, menyusun kerangka, latihan
  • Pelaksanaan --> membuka pembicaraan, menyampaikan gagasan, menutup pembicaraan
  • Evaluasi --> mendengarkan kembali rekaman pembicaraan atau meminta masukan pendengar

Jelaskan definisi ‘menulis’!
  • Gere -> Menulis adalah berkomunikasi, mengekspresikan diri, menginstruksikan, dan usaha untuk belajar.
  • Haffemian dan Lincoln -> menulis merupakan suatu proses. Menulis membutuhkan waktu untuk berpikir, menuangkan ide, mengembangkan topik, memilih kata, membaca kembali, memikirkan, mempertimbangkan, memperbaikinya.

Apa tahapan dalam ‘menulis’?
  • Pra penulisan: menentukan topik, mengorganisasikan tulisan, menentukan sasaran, mengumpulkan informasi, menyusun kerangka karangan
  • Penulisan: menyusun tulisan, melakukan kegiatan menulis (draf/buram)
  • Pasca penulisan: membaca ulang tulisan, memperbaiki, tulisan yang bersifat mekanis sampai final.
Apa yang harus diperhatikan dalam menulis?
  • Menurut Richek, penulis yang baik tidak dihasilkan melalui cara yang mudah, tetapi melalui tahapan yang panjang
  • Hock, menulis adalah kemahiran yang berbeda dari yang lain, yang diperoleh dari latihan intensif.
  • Gere, memiliki pengetahuan isi/substansi dan memiliki pengetahuan aspek kebahasaan dan teknik penulisan
Jelaskan 5 komponen dalam sebuah karangan menurut Amran Halim!
  • Isi karangan: ide, pengalaman, fakta/informasi dari bacaan
  • Bentuk karangan: formal (karya ilmiah) dan nonformal (cerpen, novel)
  • Tata Bahasa: aturan Bahasa yang berlaku seperti morfem (penggabungan kata), sintaksis (penyusunan kalimat) dll
  • Gaya: berhubungan dengan diksi, terkait tujuan, bentuk tulisan, dan pembaca
  • Ejaan dan tanda baca: harus sesuai dengan ejaan yang berlaku agar komunikatif/tidak salah tafsir.
Apa kriteria menentukan judul tulisan yang baik?
Judul menarik; kaitan judul dengan isi tulisan; berupa pernyataan bukan pertanyaan

Apa saja tips dalam menulis?
  • Jangan takut salah
  • Ada sesuatu yang layak diinformasikan
  • Menguasai gagasan
  • Jangan pikirkan judul
  • Jangan pikirkan orang yang dianggap lebih pandai atau yang akan mencemooh
  • Tulis topik dan subtopik
  • Jangan menunda
Bagaimana hubungan antarketerampilan berbahasa?
  • Hubungan antarragam lebih erat dibandingkan hubungan di luar ragam. Contoh: menyimak-Berbicara dan membaca-menulis atau disebut hubungan langsung. 
  • Hubungan di luar ragam atau tidak langsung contohnya adalah menyimak dengan menulis.
  • Dalam hubungan tatap muka lisan, terdapat pergantian peran/interaksi yang menjadi kelebihan ragam lisan. Kelebihan ragam tulisan adalah dapat mengatasi kesulitan berkomunikasi jarak jauh.
  • Pengetahuan hasil menyimak bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara.
  • Hubungan keberagaman yang sama ragam dan sifatnya mempunyai sangat erat. 
***

Posting Komentar untuk "MKDU4110-Keterampilan Berbahasa Indonesia"