Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MKDU4110- Konsep Menulis dan Mengembangkan Paragraf

 

MKDU4110-Konsep Menulis dan Pengembangan Paragraf

KONSEP MENULIS DAN JENIS-JENIS TULISAN 

Jelaskan pengertian “menulis” menurut Lado/Tarigan?

Representasi bagian dari kesatuan-kesatuan Bahasa. Merupakan suatu cara menyampaikan gagasan, ide kita kepada orang lain agar orang lain dapat memahaminya.

Jelaskan pengertian “menulis” menurut McCrimmon?
Kegiatan produktif dan ekspresif yang membutuhkan keterampilan memanfaatkan grafologi, struktur kata, dan kosa kata agar tersusun jalan pikiran secara tertulis dengan jelas, lancar, dan komunikatif.

Jelaskan konsep “menulis”!
  • Kegiatan melukiskan lambang grafis dari suatu Bahasa yang disampaikan kepada orang lain sehingga orang lain tersebut dapat memahami lambing grafis sebagaimana yang dimaksud penyampainya.
  • Keterampilan untuk mencatat, merekam, melaporkan, meyakinkan, memengaruhi pembaca
  • Mempunyai tujuan dan keperluan
Jelaskan organ-organ sebuah tulisan?
  • Pembuka: mengenali arah tulisan (topik, masalah, tujuan, manfaat, cara pemecahan masalah) yang mengantarkan pembaca pada inti persoalan.
  • Isi: memaparkan pokok-pokok inti tulisan secara gamblang
  • Penutup: berisi simpulan, keinginan dan harapan

Jelaskan dua kelompok tulisan!
  • Fiksi yaitu bersifat imajinatif, menggunakan daya imajinasi untuk menulis, fiksi yang baik didasari dari fakta yang ada. Contoh: cerpen, novel, drama.
  • Nonfiksi yaitu bersifat faktual berdasarkan fakta dan data yang akurat, objektif, berbahasa formal dan baku. Tidak boleh memasukkan unsur imajinatif. Contoh: artikel, resensi, laporan, karya ilmiah.
Jelaskan pengertian “kalimat efektif”?
Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan informasi dari penulis kepada pembaca secara tepat sehingga pembaca bisa memahami informasi yang tersaji dalam kalimat itu secara tepat pula.

Sebutkan ciri-ciri kalimat efektif?
  • Kesepadanan dan kesatuan: memiliki S + P. Pengacau subjek yaitu “kata tugas” seperti “yang” dan konjungsi.
  • Kesejajaran bentuk: penggunaan bentuk Bahasa yang sama atau konstruksi Bahasa yang sama yang dipakai dalam susunan serial. Contoh: … mengecat, memasang, dan mengatur …
  • Penekanan: posisi, urutan, repetisi
  • Kehematan: kehematan pemakaian frase, bentuk yang tidak diperlukan dari aspek makna atau gramatikal (jangan mubazir) misalnya [pengulangan subjek kalimat, hiponimi, pemakaian kata depan “dari” dan “daripada”]
  • Kevariasian dalam struktur kalimat: variasi dalam menulis penting dalam misalnya [memulai tulisan; panjang pendek kalimat; ragam kalimat Tanya, berita, perintah; bentuk kalimat pasif/aktif; kalimat langsung dan tidak langsung]
Jelaskan pembagian konjungsi!
  • Konjungsi intra kalimat: menghubungkan kata dengan kata lain dalam frase atau klausa dalam kalimat
  • Konjungsi antarkalimat: menghubungkan kalimat dalam sebuah paragraf.
Jelaskan cara-cara memberikan penekanan maksud dalam kalimat!
  • Posisi dalam kalimat: tempatkan fokus kalimat sebagai subjek/di depan
  • Urutan yang logis: sesuai kronologis kepentingan, proses kejadian. Semakin lama, semakin penting.
  • Contoh: “UU disahkan untuk menjaga stabilita pertahanan, keamanan, serta persatuan dak kesatuan”.
  • Repetisi: pengulangan kata penting. Contoh: kemajuan yang harus dicapai negara adalah kemajuan ekonomi, kemajuan politik, dan kemajuan sosial budaya. 
Jelaskan aspek kehematan dalam membuat kalimat efektif!
  • Pengulangan subjek yang tidak memperjelas maksud. Contoh: Gadis itu berlari setelah ia tahu ada kebakaran [kata “ia” harus dihilangkan].
  • Hiponimi: mencakup hal umum dan aspek yang lebih luas. Contoh “turun ke bawah, hari kamis” [hilangkan kata “ke bawah” dan “hari”]
  • Pemakaian kata depan “dari” untuk menunjukkan arah dan asal-usul dan “daripada” berfungsi membandingkan. Jangan tertukar. 

PENGEMBANGAN PARAGRAF

Jelaskan pengertian “paragraf”?
Paragraf merupakan inti penuangan buah pikiran dalam sebuah karangan, terdiri dari satu gagasan utama/pikiran pokok/ide utama/ide pokok/ide sentral/ dan beberapa kalimat penjelas. 

Jelaskan pembagian “paragraf”?
Terdapat 5 jenis paragraf yang bisa dikembangkan penulis
  • Narasi/kisahan: menceritakan kisah/peristiwa seolah pembaca mengalaminya
  • Deskripsi/lukisan: menggambarkan/melukiskan objek sejelas-jelasnya seolah melihat objek langsung
  • Eksposisi/paparan: memaparkan pengetahuan/informasi agar pembaca tahu tentang pengetahuan/informasi. Memuat data, fakta, proses terjadinya sesuatu dan ilustrasi. Dikembangkan dengan pola sebab-akibat/akibat-sebab.
  • Argumentasi/pembuktian/alasan: membuktikan sesuatu agar pembaca meyakini kebenaran ide penulis berdasarkan fakta, data, dan argument yang kuat dan meyakinkan.
  • Persuasi/ajakan/bujukan: memengaruhi pembaca agar setuju dan sepaham dengan ide penulis. Berisi sikap dan opini yang bernada ajakan.
Sebutkan fungsi kalimat dalam paragraf!
  • Kalimat pengenal
  • Kalimat inti
  • Kalimat penjelas
  • Kalimat penutup
Apa perbedaan gagasan utama dan gagasan penjelas?
  • Gagasan utama: gagasan yang menjadi dasar pengembangan paragraf yang dapat dilihat secara eksplisit (par.deduktif, induktif, campuran) dan implisit (par.deskriptif). 
  • Gagasan penjelas: gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama, biasanya dinyatakan lebih dari satu kalimat. 

Sebutkan unsur-unsur paragraf yang baik!
  • Kesatuan (kohesi) adalah memiliki kesatuan dan berfokus pada ide pokok paragraf. Saling terkait.
  • Kepaduan (koherensi) yaitu fokus sarana/struktur kebahasaan, pada hubungan antarkalimat agar padu dan satu. Kepaduan dibangun dengan (1) unsur kebahasaan (2) penguraian isi paragraf.
  • Sarana kebahasaan: 
    • Repetisi
    • Kata ganti/kata tunjuk
    • Kata transisi (konjungsi intra kalimat dan interkalimat)
    • Paralelisme
  • Kelengkapan yaitu berisi kalimat penjelas dan kaya ide
Jelaskan teknik pengembangan paragraf!  
  • Secara alamiah adalah pola yang sudah ada pada objek yang dibicarakan yang mengikuti susunan logis yang ditulis. Ada 2 urutan logis yaitu urutan spasial dan proses terjadinya sesuatu. Contoh “kisah WS Rendra seorang penyair dan penghargaannya dari tahun ke tahun”
  • Klimaks-antiklimaks/Antiklimaks-klimak. Gagasan utama diperinci dengan gagasan utama bawahannya yang diperinci dengan gagasan yang dianggap paling rendah. Pola urutan dari kedudukan terendah ke tertinggi dan sebaliknya. Contoh “perkembangan penemuan traktor”
  • Umum-khusus/Khusus-umum. Teknik ini diawali dengan gagasan umum/generalisasi lalu diikuti dengan penjelasan khusus (deduktif) dan sebaliknya (induktif)
Jelaskan pengembangan paragraf berdasarkan fungsinya!
  • Perbandingan dan Pertentangan: memperjelas paparan/gagasan tertentu dengan perbandingan dan/atau pertentangan. Contoh “Perbandingan pasangan J-Lo”
  • Analogi: membandingkan sesuatu yang dikenal umum dengan sesuatu yang belum/kurang dikenal. Contoh “filsafat yang dianalogikan sebagai pasukan mariner, dan ilmu pengetahuan sebagai pasukan infantri”
  • Contoh-contoh: ilustrasi konkret atas gagasan yang terlalu umum. Contoh: “gerakan sadar sampah yang menjelaskan jenis sampah sesuai kemampuan pembedaan jenis sampah o/ masyarakat” 
  • Sebab akibat: sebab sebagai gagasan utama dan akibat rincian pengembangannya dan sebaliknya. Contoh Penyebab letusan Gn. Merapi terhadap penduduk sekitar.
  • Definisi luas: usaha penulis memberikan keterangan/arti terhadap suatu istilah melalui penjelasan definitif. Contoh: menjelaskan pengertian “apresiasi sastra” dan bagaimana cara melakukannya.
  • Klasifikasi: mengelompokkan hal yang mempunyai kesamaan. Punya dua arah berlawanan dari satuan ke kelompok dan sebaliknya. Contoh pengertian X dibagi dua, Z dan H, kemudian Z dibagi lagi dst.  

Jelaskan perbedaan dan persamaan paragraf eksposisi dan argumentasi!

Persamaan:
  • Menjelaskan pendapat/gagasan
  • Membutuhkan fakta dalam bentuk data, grafik, angka, diagram
  • Menggali ide dari pengalaman, pengamatan, penelitian
Perbedaan:
  • Eksposisi bertujuan menjelaskan/memaparkan sesuatu agar jelas. Argumentasi bertujuan membuktikan sesuatu mengenai kebenaran agar pembaca mengakui dan yakin.
  • Eksposisi menggunakan contoh angka/grafik, sedangkan argumentasi untuk membuktikan pendapat penulis itu benar
  • Eksposisi menegaskan lagi sesuatu yang sudah dipaparkan sebelumnya. Argumentasi berupa simpulan. 

Sebutkan pembagian paragraf berdasarkan tujuannya!
  • Paragraf pembuka: pengantar/pendahuluan sebelum inti permasalahan (harus menarik)
  • Paragraf penguhubung: inti persoalan (bagian paling panjang)
  • Paragraf penutup: berisi simpulan, penegasan, dan harapan

Sebutkan pertimbangan dalam penguraian isi paragraf!
  • Urutan kronologis/alur waktu
  • Urutan logis mengikuti alur sebab-akibat, khusus-umum
  • Urutan ruang (spasial)
  • Urutan proses
  • Urutan sudut pandang


***

Posting Komentar untuk "MKDU4110- Konsep Menulis dan Mengembangkan Paragraf"