MKDU4110- Mengungkap dan Menilai Isi Bacaan
MKDU4110-Mengungkap dan Menilai Isi Bacaan |
MENGUNGKAP ISI BACAAN
Apa yang dimaksud dengan Kemampuan Efektif Membaca (KEM)?
KEM: perpaduan antara kemampuan visual (kecepatan mata melihat lambang) dan kemampuan kognisi (ketepatan otak memaknai lambang). Kemampuan visual: kemampuan mata melihat dan menangkap lambang-lambang tulis secara tepat. Kemampuan Kognisi: kemampuan otak memahami makna dan maksud lambang-lambang secara tepat.
Sebutkan strategi membaca efektif!
- membaca memindai
- membaca pemahaman
Sebutkan pembagian membaca memindai dan berikan contoh penggunaannya!
Membaca memindai adalah membaca dengan cepat suatu bahan bacaan untuk mendapatkan suatu kesan awal atau untuk menemukan sesuatu yang dicari.
- Skimming adalah jenis membaca cepat dengan tujuan menemukan informasi khusus dalam suatu teks, memperoleh kesan umum bentuk dan isi teks, seperti gaya bahasa, gagasan utama. Menuntut pembaca memiliki pengetahuan leksikal, dan mampu memproses teks 800 kata dalam satu menit. Contoh: membaca buku untuk bedah buku atau seminar, memilih satu dari empat buku tentang suatu topik di took buku.
- Scanning adalah keterampilan membaca untuk menemukan informasi khusus dengan cepat. Contoh: contoh: memindai buku di rak perpustakaan, melihat iklan dalam koran, kata dalam kamus.
Jelaskan konsep membaca pemahaman/membaca teliti!
Kegiatan membaca dalam hati untuk memperoleh pengertian tentang sesuatu atau tujuan belajar sehingga memperoleh wawasan yang lebih luas tentang suatu bacaan terdiri dari (1) Prabaca; (2) Pendugaan (predicting); (3) Membaca dengan kecepatan bervariasi dan menandai bacaan.
Apa saja manfaat melakukan prabaca (previewing)?
- Mengetahui jenis bacaan yang dihadapi, konteks bacaan, tema bacaan, tingkat kesulitan, dan pengorganisasian bacaan
- Mengaktifkan skemata sesuai tema bacaan
- Untuk memahami bacaan tidak perlu membaca kata per kata, lewati bagian tidak penting.
Bagaimana cara melakukan prabaca (previewing)?
- Bacalah judul dan halaman copyright; daftar isi;
- skimming bab pendahuluan, ilustrasi, diagram, bab akhir;
- perhatikan hal.pertama setiap bab;
- lakukan skimming bab akhir dan kesimpulan;
- perhatikan indeks, glosarium, daftar pustaka.
Jelaskan petunjuk melakukan prabaca (previewing)!
- Baca judul/artikel;
- perhatikan ilustrasi;
- skimming subbab;
- skimming paragraf awal dan akhir
Bagaimana cara menguhitung Kecepatan Membaca (KM), Pemahaman Isi (PI), Kemampuan Efektif Membaca (KEM)?
KM = Jumlah kata bacaan (KB)
Jumlah waktu baca:60 (SM)
PI = Skor jawaban benar x 100%
Skor Jawaban ideal
**KEM SMA: 250, Mahasiswa S1:325, S2:400.
Coba hitung skor kalian ges!
KEM = KB x PI x KPM
SM:60 100
MENILAI ISI BACAAN
Jelaskan hakikat membaca kritis!
- Kemampuan memahami makna tersirat dan tersorot dalam sebuah bacaan dengan bijaksana, tenggang hati, mendalam, evaluative, analitis, tidak mencari kesalahan penulis dan diperlukan kemampuan berpikir dan bersikap kritis.
- Suatu strategi membaca dengan tujuan untuk mendalami isi bacaan berdasarkan penilaian logis-rasional, analitis, dan kritis.
- Bertujuan mengetahui gagasan, fakta, info, da kebenaran, tetapi mengetahui alasan mengapa sang penulis mengemukakan alasan tersebut.
Apa ciri membaca kritis menurut Nurhadi?
- Berpikir dan bersikap kritis yang ditandai dengan:
- Kemampuan menginterpretasi secara kritis
- Menganalisis secara kritis
- Mengorganisasi secara kritis
- Menilai secara kritis
- Menerapkan konsep secara kritis
Jelaskan Teknik apa saja yang digunakan untuk meningkatkan sikap kritis!
- Kemampuan mengingat dan mengenali bacaan
- Menginterpretasi makna tersirat
- Mengaplikasikan konsep dalam bacaan
- Menganalisis isi bacaan
- Menilai isi bacaan
- Mencipta (to creat) bacaan
Sebutkan tataran konsep kognitif dalam Taksonomi Bloom oleh Anderson dan Krathwhol tentang sikap dan berpikir kritis!
- Kemampuan mengingat dan mengenali: latar, tokoh, peristiwa, fakta, perbandingan dll
- Kemampuan memahami/interpretasi makna tersirat (reading between the line) yang ditandai dengan: (1) menafsirkan makna kata, frase; (2) membuat perbandingan; (3) menentukan persamaan dan perbedaan antarfakta; (4) menafsirkan makna tersirat.
- Kemampuan mengaplikasikan konsep-konsep ke dalam situasi yang bersifat problematik dengan mengikuti petunjuk; menunjukkan kesesuaian gagasan utama dengan situasi, membuat contoh praktis dari konsep teoritis.
- Kemampuan menganalisis: melihat komponen unsur yang membentuk suatu kesatuan, ditandai dengan mengidentifikasi ide pokok, menentukan kalimat utama, membedakan fakta dan opini, mengidentifikasi jalan pikiran penulis.
- Kemampuan menyimpulkan (sintesis): berupa kesimpulan, ringkasan/ikhtisar, tema, judul, organisasi, dengan cara menghubungkan gagasan utama, menyimpulkan bacaan, synopsis, mengorganisasi gagasan utama, menentukan tema bacaan.
- Kemampuan menilai isi bacaan: mempertimbangkan, menilai, menentukan keputusan dengan cara menilai kebenaran setiap gagasan, membedakan fakta dan opini, menilai realitas, menentukan keselarasan data dan fakta.
Sebutkan syarat membaca kritis!
- Memiliki pengetahuan yang memadai mengenai ilmu yang disajikan
- Tidak tergesa-gesa dalam menilai dan bertanya
- Berpikir analitis, kritis, logis, dan sistematis
- Menerapkan metode analitis yang logis dan ilmiah
Sebutkan manfaat membaca kritis!
- Pemahaman yang komprehensif dan mendalam
- Kemampuan mengingat yang lebih kuat dan lama
- Kepercayaan diri yang mantap
Sebutkan langkah yang dilakukan dalam mengkritik teks bacaan!
- Memahami maksud penulis [to inform, convince/yakin, to entertain, to persuade] dengan membaca paragraph awal dan akhir, mengetahui makna eksplisit, penekanan informasi, organisasikan tulisan.
- Memahami organisasi dasar tulisan [Pendahuluan, isi, kesimpulan]
- Menilai penyajian penulis/pengarang [segi informasi, segi logika, bahasa,kualifikasi, sumber info]
Sebutkan tips membaca kritis oleh Nurhadi!
- Berpikir kritis
- Ketahui motivasi dari kata yang digunakan
- Temukan perbandingan yg tdk sesuai
- Cermati logika penuli yg tdk logis
- Perhatikan pernyataan yang dibaca
- Cermati kata-kat yg berlebihan, ekstrem.
Bagaimana cara menilai bacaan sehari-hari seperti koran dan majalah?
- Siapa pemilik koran/majalah?
- Pengaruh apa dari tajuk?
- Cermati sikap objektif dalam tajuk rencana
- Cermati tata sajian
- Cermati pengaruh politik, ekonomi, keagamaan dll.
Apa yang harus diperhatikan dalam menilai bacaan koran dan majalah?
- Penyensoran tersembunyi (hidden cencorship)
- Apakah koran telah menyajikan info sesuai topik dengan lengkap dan komprehensif dengan melakukan perbandingan.
- Pilihan bahasa (choice of language)
- Apakah menggunakan kata-kata yang objektif
- Posisi apakah Panjang/pendek bacaan/skema nilai.
Posting Komentar untuk "MKDU4110- Mengungkap dan Menilai Isi Bacaan "