Buku Saku Core Values ASN Ber-AKHLAK
Buku Saku/Booklet Core Values ASN Ber-AKHLAK |
Sekilas Core Values Ber-AKHLAK Aparatur Sipil Negara (ASN)
BerAKHLAK sebagai Core Values ASN adalah nilai mutlak yang harus dilaksanakan oleh para ASN di seluruh Indonesia. Sehingga diperlukan adanya panduan perilaku yang memuat penerapan nilai-nilai BerAKHLAK bagi ASN, khususnya di lingkungan Badan Kepegawaian Negara. Panduan Perilaku BerAKHLAK ini bertujuan untuk memberikan arah kepada seluruh ASN dalam berperilaku, memberikan pelayanan, maupun melakukan pekerjaannya sehari-sehari. Dengan adanya Panduan Perilaku ini, diharapkan para Aparatur Sipil Negara mampu menanamkan nilai-nilai BerAKHLAK dalam melaksanakan fungsinya sebagai seorang pelaksana kebijakan, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa secara bertanggung jawab dan berintegritas. Penyusunan Buku Saku Panduan Perilaku BerAKHLAK ini dilakukan melalui metode diskusi, survey, hingga perumusan yang mendalam mengenai perilaku aktual saat ini dan perilaku ideal yang diharapkan. Sehingga dalam buku ini telah terangkum perilaku-perilaku BerAKHLAK yang dapat dijadikan acuan bagi ASN dalam berkinerja.
Panduan Perilaku Core Value ASN BerAKHLAK (KKP-BPBAT Sungai Gelam Jambi)
Fungsi Core Value ASN
- Menjadi panduan perilaku bagi seluruh pegawai ASN
- Menunjukkan semangat dan komitmen pegawai dalam membantu organisasi mencapai tujuan organisasi, misalnya memperoleh predikat WBK/WBBM dalam Pembangunan Zona Integritas
- Memberikan inspirasi kepada pegawai ASN ketika sedang bertugas sebagai pelayan masyarakat.
Rumusan Core Value ASN BerAKHLAK
- Berorientasi PelayananKami berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat.
- AkuntabelKami bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan.
- KompetenKami terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.
- HarmonisKami saling peduli dan menghargai perbedaan.
- LoyalKami berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
- AdaptifKami terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.
- KolaboratifKami membangun kerja sama yang sinergis
Employer Branding ASN
Bangga Melayani Bangsa
Bangga dalam melayani masyarakat karena memiliki profesi yang diberi pengakuan dan penghargaan yang adil, diberikan kesempatan meningkatkan kompetensi seluas -luasnya, serta diberi kesempatan terbuka untuk berkarier.
Panduan Perilaku BerAKHLAK
1. Berorientasi Pelayanan
Komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat.
- Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
- Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.
- Melakukan perbaikan tiada henti.
- Berpenampilan dengan rapi, menyapa dan memberi salam, dan mengucapkan terima kasih setelah memberikan pelayanan.
- Mendengarkan keluhan pelanggan dengan sabar dan meminta maaf jika terdapat kesalahan dalam pelayanan.
- Responsif dan cekatan dalam menangani komplain yang diajukan masyarakat.
- Memberikan pelayanan dengan adil tanpa membedakan status sosial, jenis kelamin, agama, difabel, dan pandangan politik.
- Memberikan rekomendasi terbaik terkait informasi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dengan ramah dan santun.
- Memberikan pelayanan secara transparan dengan menyediakan informasi berupa persyaratan, prosedur, dan biaya pelayanan.
- Menyediakan fasilitas pelayanan yang mudah diakses dengan mendirikan gedung pelayanan tambahan yang lokasinya berada dekat dengan masyarakat.
- Tidak memberikan informasi yang salah dan menyesatkan dalam menanggapi permintaan informasi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat.
- Mempertanggungjawabkan pelayanan yang diberikan dengan memberikan survei kepuasan masyarakat setiap tiga bulan sekali.
- Melibatkan masyarakat dalam mengevaluasi kinerja pelayan publik dengan memberikan form kuisioner kepada pelanggan setelah menerima layanan.
2. Akuntabel
Bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan
- Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas tinggi.
- Menggunakan kekayaan dan Barang Milik Negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien.
- Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.
- Melaksanakan tugas dan fungsi jabatan sesuai dengan Standard Operational Prosedure (SOP).
- Melaksanakan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab dan integritas.
- Mengutamakan transparansi dan menghindari manipulasi terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan negara.
- Menyusun rancana kegiatan dan kebutuhan anggaran dengan cermat, jelas, spesifik, terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan.
- Menjaga kredibilitas dalam setiap proses pengambilan keputusan.
- Menggunakan fasilitas dan barang milik negara secara bijak dan bertanggung jawab.
- Mencegah praktik korupsi, gratifikasi, dan penyalahgunaan kekuasaan.
- Bekerja secara sungguh-sungguh dengan penuh kedisiplinan
3. Kompeten
Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.
- Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.
- Membantu orang lain belajar.
- Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.
- Memberikan kontribusi secara aktif demi kemujuan instansi.
- Adanya kemauan belajar terhadap hal baru sesuai dengan tuntutan perubahan.
- Membagikan ilmu yang dimiliki sesuai dengan kempuan dan pengetahuan.
- Berpikir kritis dan kreatif dalam menghadapi sebuah permasalahan.
- Bersedia mengembangkan kompetensi demi kemajuan dirinya dan instansi.
- Menumbuhkan budaya kerja yang terbuka dan produktif.
- Melaksanakan izin belajar dan tugas belajar demi meningkatkan kompetensi dan pengetahuan.
- Memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, serta mengevaluasi hasil belajar.
4. Harmonis
Saling peduli dan menghargai perbedaan.
- Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
- Suka menolong orang lain.
- Membangun lingkungan kerja yang kondusif.
- Memperlakukan semua pegawai dengan adil tanpa membeda-bedakan antar satu pegawai dengan pegawai yang lainnya.
- Memiliki sikap toleransi terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan.
- Memberikan kesempatan kepada rekan kerja yang berbeda agama untuk menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya.
- Mempelajari bahasa daerah dan kebudayaan khas dari rekan kerja yang berbeda suku.
- Menghindari konflik kepentingan dalam proses pengadaan barang dan jasa.
- Memiliki sikap empati dan mengutamakan tenggang rasa dalam pelaksanaan pekerjaan.
- Mengayomi kepentingan kelompok minoritas dengan tidak membuat kebijakan yang mendeskripsinasi keberadaan kelompok tersebut.
- Suka menolong pengguna layananan dan rekan kerja yang membutuhkan pertolongan.
- Senantiasa berlaku sebagai seorang problem solver (pemberi solusi) di tengah masyarakat.
5. Loyal
Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
- Memegang teguh ideologi Pancasila, UUD NKRI Tahun 1945, setia kepada NKRI, serta pemerintahan yang sah.
- Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi, dan negara.
- Menjaga rahasia jabatan dan negara.
- Melaksanakan tugas sesuai dengan kode etik yang berlaku.
- Selalu berpedoman terhadap peraturan yang telah ditetapkan dalam setiap pekerjaan maupun pengambilan keputusan.
- Mencintai produk dalam negeri, seperti menggunakan baju batik setiap hari jum’at.
- Menjaga nilai-nilai etika dan norma yang berlaku di masyarakat.
- Menjaga data dan informasi kedinasan yang bersifat rahasia.
- Menjaga nama baik dan citra positif sesama rekan kerja, pimpinan, dan instansi.
- Melaksanakan tugas dan fungsi jabatan dengan penih dedikasi.
- Menghindari penyalahgunaan jabatan, seperti jual beli proyek atau jabatan.
6. Adaptif
Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.
- Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.
- Terus berinovasi dan mengembangkan kapabilitas.
- Bertindak proaktif.
- Cepat menyesuaikan diri terhadap segala bentuk perbahan kebijakan.
- Cepat beradaptasi terhadap kemajuan teknologi demi meningkatkan pelayanan masyarakat.
- Berpikir secara visioner dan kritis dalam memajukan organisasi.
- Mengembangkan kreativitas dan partisipasi diri terhadap segala kegiatan yang berkaitan dengan tugas jabatan.
- Bersedia ditempatkan dimanapun sesuai dengan kebutuhan organisasi, termasuk di tempat terpencil dan berada di ujung Indonesia.
- Memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk kemajuan instansi.
- Bersifat fleksibel dengan bersedia menerima ide-ide baru dalam memandang suatu hal.
- Dapat mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan.
- Memanfaatkan peluang yang berubah-ubah.
- Memiliki perencanaan yang matang terhadap suatu hal dan memiliki rencana darurat jika rencana awal tidak berhasil.
7. Kolaboratif
- Membangun kerja sama yang sinergis.
- Memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
- Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.
- Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.
- Menjalin komunikasi yang efektif dan kerja sama dengan pihak internal dan eksternal dalam pelaksaan pekerjaan.
- Menggunakan musyawarah dalam setiap penyelesaian masalah hingga proses pengambilan keputusan.
- Koorperatif dalam penyampaian data dan informasi yang dibutuhkan oleh instansi.
- Bersikap sportif dengan tidak mengklaim hasil karya bersama sebagai karya pribadi.
- Menghindari sikap mental superior dan memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk menyampaikan pendapat.
- Memberikan keleluasaan kepada semua orang untuk belajar dan memberikan kontribusi.
- Membangun kepercayaan dengan stakeholder mitra kolaborasi.
File Pdf Booklet/Buku Saku Core Values ASN Ber-AKHLAK BKN
Di bawah ini file pdf booklet/buku saku implementasi Core Values Ber-AKHLAK ASN yang dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Posting Komentar untuk "Buku Saku Core Values ASN Ber-AKHLAK "